16 Oktober 2011

Pemanfaatan IT Dalam Kehidupan dan Tantangan Dunia IT

3 komentar

Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat kita rasakan manfaatnya seperti transformasi ilmu pengetahuan bagi sektor-sektor pendidikan. Sementara ekonomi dapat mendorong usaha kecil dan menengah pedesaaan agar mendapatkan nilai lebih, serta menggerakkan roda perekonomian desa.

Coba kita pikirkan manfaatnya, jika penduduk desa dapat mencari informasi terbaru mengenai benih padi unggul, bibit unggul tanaman budidaya lainnya atau informasi komoditas hortikultura unggulan. Begitu juga dengan peternak yang dapat mengetahui tentang primadona produk unggulan peternak, tentunya akan meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan.


Untuk e-education, kita sudah mengenal program Internet Goes to School, Community Access Point, e-Learning, Smart Campus dan Generasi Baru Guru Indonesia.

Internet dapat membuka peluang dan memberikan manfaat yang sangat banyak, termasuk dalam bidang keagamaan, bahkan dapat mempercepat penyebaran teknologi informasi ke wilayah-wilayah pedesaan.

Teknologi Informasi dan Komunikasi juga banyak diterapkan dalam perusahaan-perusahaan. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja. Hal ini akan membantu dalam sistem manajemen dalam suatu perusahaan.


Semakin cepatnya perkembangan teknologi informasi dan  komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai. Banyaknya sector kehidupan yang ada diharapkan membuka inovasi baru bagi kita untuk menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan peradaban manusia. 

Namun banyak juga tantangan yang harus kita hadapi dengan semakin berkembangnya dunia IT sekarang ini. Sebab dampak sebuah perkembangan IT bisa berdampak positif seperti yang dijelaskan di atas, maupun negatif. Jika akses yang terlalu bebas bisa berakibat fatal bagi perkembangan masyarakat, terutama di daerah yang haus akan informasi. Selain itu, perkembangan virus, phishing, dan berbagai ancaman di dunia IT juga semakin maju. Maka dari itu, semua inovasi tersebut hendaknya harus dibatasi oleh suatu aturan hukum Negara dan pemerintah juga harus menyiapkan perangkat peraturan terkait pembatasan kebebasan akses internet.


3 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...