2 Oktober 2010

Cara Download Menggunakan Torrent

11 komentar

Apakah anda pernah kesulitan untuk mendownload? Ingin mencari lagu atau program untuk di download? Kalaupun sudah dapat, masih harus di suruh menunggu untuk dapat mendownloadnya? Apalagi jika kita mendownload dengan server di rapidshare, ziddu, hotfile, dll download tidak dapat di pause dan di resume besok harinya. Jika file yang kita download kurang dari 10MB sich, mungkin kita masih bisa sabar untuk menunggu, tetapi jika file nya berukuran 1GB atau 2GB? Wah, gag mungkin sabar buat nunggu. Lebih baik sich di tinggal tidur aja,….

Yang menjadi pertanyaan, bagaimanakah caranya? Apakah gratis dan tidak memerlukan account-account premium yang harganya selangit itu? Legal kah? Bisa di tinggal tidur ataupun aktifitas lainnya? Jawabannya ADA. Sekarang anda tidak perlu bingung lagi. Kita dapat memanfaatkan torent. Torent merupakan sebuah tools download yang cepat, aman dan free. Nah, saya ingin membagi sedikit pengetahuan tentang cara mendownload menggunakan Torrent…

Untuk langkah-langkah men-download dengan torrent, dapat kita baca step-by-step.
  1. Download terlebih dahulu software torrent seperti utorrent
  2. Install software utorrent
  3. Cari file torrent yang akan kita download. Mesin pencari file torrent ada di torrentz.com. Namun juga saya lebih suka mendownload lewat isohunt.com.
  4. Sebagai contoh, saya akan mendownload Game bernama Diablo 2. Masuk ke isohunt.com, search dengan kata kunci Diablo 2 maka akan muncul banyak hasil, pilih salah 1.Kemudian, akan muncul Download .torrent pada sisi kiri atas (seperti gb di bawah). Arahkan mouse ke tulisan tersebut, klik kanan, dan copy link nya (biasanya akan berakhiran/ber-extension .torrent)
  5. Buka program Utorrent yang telah kita download dan install tadi, klik Add Torrent From URL, lalu klik open.
  6. Selesai.. Maka proses download akan segera berjalan. Biasanya secara default hasil download berada di folder My Document/Download.

Sebagai tambahan, ini ada keterangan lebih lanjut dari situs tetangga yang juga membahas mengenai torrent, kelebihan dan kekurangannya.

Disini download torrent tidak seperti download dari server yang selalu online, tapi sistem download torrent adalah peer to peer atau komputer dengan komputer. Artinya kita bisa mendownload file tersebut bila komputer pemberi file tersebut online. Ada beberapa istilah yang penting dalam torrent download ini seperti seeder (pemberi file download) dan leech (pendownload) peers (jumlah total orang yang mendownload dan pemberi download).

Ada beberapa istilah dalam cara download torrent ini :

  1. Seeds : pemberi file download.
  2. Leechs/download : pendownload
  3. Peers : Jumlah total orang yang mendownload dan pemberi download.
  4. Tracker : tracker jumlah seeds, peers, dan download.
  5. Down speed : kecepatan download.Up speed: kecepatan upload.
  6. ETA : Estimated Time.

Kelemahan download Torrent :

  1. Bergantung pada adanya seeds (pemberi file), bila seed tidak ada artinya kita tidak bisa mendownload file ini.
  2. Kecepatan download bergantung pada jumlah seeds, makin banyak seeds maka kecepatan download akan semakin cepat.
  3. Bisa memakan bandwidth internet yang kita pakai karena ketika kita mendownload secara otomatis kita juga menjadi uploader atau seeders.
  4. Ada beberapa kontroversi tentang penggunaan torrent ini karena menyangkut file-file yang bercopyright, contoh : HBO yang katanya situs torrent telah menyebarkan film yang bercopyright di situsnya, dan seputar copyright-copyright yang berhubungan dengan sebuah file.

Kelebihan download Torrent:

  1. Merupakan tempat berbagi download yang bebas antar peer/teman, dan banyak orang berbagi file-file disini. Kadang kita temukan batasan-batasan download di rapidshare, 4shared atau tempat download lain, bahkan kadang mengarahkan kita untuk membayar layanan mereka. Di torrent download karena berbagi antar teman jadinya tidak ada batasan seperti ini. Kita bebas berbagi file dengan teman.
  2. File yang dibagi biasanya bagus-bagus tidak seperti download biasa yang kadang isi filenya biasa-biasa saja. Kadang saya menemukan ebook bagus-bagus disini, dan biasanya berbahasa inggris.
  3. Komunitas besar untuk saling berbagi file yang bisa di download (mp3, ebooks, software, video, games, dll).

Akhir kata dari Bloganakkomputer, selamat ber-download ria......

Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi kita bersama.....

:D

11 komentar:

Poskan Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...