29 Oktober 2011

Kelebihan dan Kekurangan Bahasa Pemrograman C

0 komentar
Pada matakuliah Algoritma dan Pemrograman 1 ini, mahasiswa diwajibkan BISA dan MENGUASAI bahasa pemrograman C. Dan mungkin sebelum kita memulai dengan pemrogramannya, kita bisa melihat dahulu, apa sih sebenarnya kelebihan maupun kekurangan bahasa pemrograman C ini??
Mari kita simak pembahasannya, dari hasil Googling..



KELEBIHAN

1. Bahasa C tersedia hampir di seluruh jenis komputer.
Bahasa C merupakan Bahasa komputer yag tersedia baik di komputer mikro maupun di komputer besar (mainframe computer).

2. Kode bahasa C sifatnya adalah portable dan fleksibel.
Aplikasi yang ditulis dengan bahasa C untuk suatu komputer tertentu dapat digunakan di komputer lain hanya dengan modifikasi yang sedikit saja.

3. Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata kunci.
Telah kita ketahui bahwa bahasa C standar ANSI cuma menyaratkan sebanyak 32 kata-kata kunci kunci, turbo hanya menyediakan 39 kata-kata kunci, C++ hanya menyediakan 48 kata kunci. Coba kita bandingkan dengan bahasa-bahasa yang lain yang memang menyediakan ratusan kata-kata kunci. Semakin sedikit kata-kata kunci yang digunakan oleh suatu bahasa, semakin mudah bagi si pemakai untuk mempelajari dan menggunakan bahasa itu.

4. Proses executable program bahasa C lebih cepat.
Karena filosoli bahasa C yang memang hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci, maka konsekuensinya program hasil dari kompilasi bahasa C bisa dibilang relatif akan lebih cepat prosesnya di bandingkan dengan hasil dari bahasa lain. Dengan demikian, aplikasi yang dibuat dengan bahasa C akan menjadi aplikasi yang efisien dan kompetitif.

5. Dukungan pustaka yang banyak.
Telah disebutkan bahwa keandalan bahasa C dicapai dengan fungsi-fungsi pustakanya. Fungsi-fungsi pustaka ini disediakan oleh versi-versi bahasa C masing-masing atau dapat dibeli dari sumber yang lain. Ribuan fungsi-fungsi pustaka C telah tersedia di pasaran sampai sekarang, mulai dari fungsi-fungsi pustaka yang sederhana sampai dengan yang rumit, misalnya itu funsi pustaka untuk membuat indeks dari file database menggunakan B+ tree yang digunakan di dBASE. Dukungan pustaka fungsi dan kelas yang cukup banyak ini memungkinkan pembuatan aplikasi makro.

6. Bahasa C adalah bahasa yang terstruktur.
Bahasa C mempunyai struktur yang baik sehingga mudah untuk dipahami. C disebut dengan bahasa yang terstruktur karena menggunakan fungsi-fungsi sebagai program-program bagiannya. Struktur bahasa C yang baik selain mudah dipelajari, juga memudahkan dalam pembuatan program, memudahkan pelacakan kesalahan program dan akan menghasilkan dokumentasi program yang baik.

7. Bahasa C termasuk bahasa tingkat menengah dan lebih dekat dengan bahasa mesin.

8. Kode program bersifat reuseable, sehingga dapat digunakan kembali pada project lain dengan hanya menggunakan library dan file header.

9. C++ dapat membuat aplikasi graphic processor berkualitas tinggi.


KEKURANGAN
1. Banyaknya Operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai.

2. Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer
Jadi, dapat kita simpulkan, tidak ada salahnya kan kita belajar pemrograman dengan Bahasa C / C++ ini. Sebab cukup terorganisir, dan memungkinkan untuk pembuatan skala besar / makro.

sumber :
http://megaworld.multiply.com/journal/item/3/Kelebihan_Bahasa_C
http://kampoeng-it.blogspot.com/2009/08/kelebihan-kekurangan-bahasa-c.html
http://acieee.wordpress.com/2010/02/25/kelebihan-bahasa-c/

0 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...