12 Desember 2009

Troubleshooting komputer : Problem Pada Memori

0 komentar

Sebagai pengguna PC mingkin anda sudah mengalami hal ini, dimana PC tidak mau booting dan malah mengeluarkan bunyi beep. Jangan kaget, dan jangan panic. Nich saya kasih sedikit cara memperbaikinya.


Tanda Beep

Masalah

Beep 1 kali

Tak ada masalah computer baik

Beep 1 kali, panjang

Terdapat masalah di memory

Beep 1 kali, panjang dan 3 kali pendek

Terdapat masalah di bagian VGA card

Beep 1 kali, panjang dan 2 kali pendek

Terdapat masalah di DRAM parity

Beep terus menerus

Terdapat masalah di modul memory atau video

Setelah mengetahui berapa kali bunyi beep yang ditimbulkan anda kini sudah mengetahui penyebabnya. Tapi untuk beep no 4 dan no 5, mungkin anda harus membawanya ke teknisi computer. Kalau bunyi beep no 2 dan no 3 pada umumnya masih bisa kita tangani sendiri. Kita akan membahas cara penanganannya.

  1. matikan computer dan cabut semua kabel yang terpasang atau terhubung dengan CPU. Bawa ke tempat yang terang dan nyaman agar dalam melakukan pekerjaan bisa lebih tenang.

  2. Beep yang anda dengar adalah no 2, maka ada masalah dengan memory. Anda perlu mengecek kartu memory apakah sudah tertancap dengan benar di slotnya atau belum, jika belum cabut kartu dan tancapkan kembali dengan benar. Pastikan juga memory anda tidak cacat secara fisik / rusak.

  3. Beep yang anda dengar adalah no 3, maka ada masalah denga VGA card. Sama seperti penanganan memory anda harus memastikan VGA card tertancap pada slotnya dengan benar.

  4. jika hal diatas tidak dapat menangani masalah, coba anda pindahkan memory ke slot lainnya. Tapi jika tidak bisa kemungkinan slotnya rusak.

  5. bisa juga denga mencoba membersihkan kuningan pin memory (RAM) dengan menggunakan hapusan pensil. Gosokkan saja sampai warnanya agak keemasan dan kita anggap cukup bersih, lalu coba pasang kembali.

  6. anda sudah mengusahakan seperti kelima hal diatas tapi tidak menyelesaikan masalah juga. Sebaiknya anda bawa ke teknisi computer yang terpercaya.

Kode beep yang dimaksud diatas berjalan pada BIOS model AWARD. Tentu kode beep pada tiap merek tidak selalu sama tetapi hal ini adalah cara yang mudah untuk mengetahui masalah yang sering terjadi.



0 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...