19 Januari 2009

Manhunt (Review)

0 komentar
Sebagai sebuah game action, Manhunt menganut gaya action-stealth. Cash dituntut untuk bergerak dan membantai musuhnya secara diam-diam. Game ini dilengkapi dengan indikator untuk menunjukkan seberapa bisingnya pergerakan Cash dan seberapa baik ia bersembunyi.


Anda adalah James Earl Cash, seorang terpidana yang dijatuhi hukuman mati. Cash sebenarnya sudah dieksekusi, tapi entah bagaimana ia kemudian terbangun di suatu ruangan. Sebuah suara misterius yang menyebut dirinya sebagai “The Director” memberinya kesempatan kedua. Cash akan mendapatkan kebebasannya bila ia dapat bertahan hidup sepanjang malam. Sebuah malam panjang dengan hanya dua pilihan, membunuh atau terbunuh.

Opsi stealth ini makin kental berkat adanya fitur “eksekusi”. Begitu Cash mendekati korbannya, maka adegan pembantaian berlangsung dalam suatu FMV. Seberapa dekat jaraknya dan seberapa lama Anda menekan tombol action menentukan seberapa brutal eksekusi yang dilakukan Cash. Semakin brutal eksekusi tersebut semakin senanglah “The Director”, dan semakin tinggi nilai Anda. Setiap Scene yang berhasil dilalui akan dinilai dalam penilaian 5 bintang. 

Eksekusi ini juga akan berbeda tergantung pada senjata yang dipakai. Cash lihai memanfaatkan berbagai benda sebagai senjata mematikan. Pada awal game, senjata yang bisa digunakan sangat sederhana seperti pemukul baseball, pecahan kaca, hingga kantong plastik! Bayangkan, benda yang begitu banyak tersebar di jalanan negeri ini ternyata sangat mematikan! Sedangkan senjata terbaik yang bisa didapat Cash hanyalah pistol dan shotgun. Tak ada bom atau bazzoka. Itupula yang membuat Manhunt tergolong sulit. Kesulitan bertambah karena Cash tidak hebat dalam bertarung berhadapan. Game ini malah menyarankan Anda untuk kabur bila menghadapi musuh yang berjumlah lebih banyak.

Grafiknya pun unik. Manhunt direprentasikan melalui sudut pandang sebuah layar kamera, lengkap dengan noise “semut”-nya. Setiap karakter menggunakan topeng aneh. Lingkungan permainan suram namun digarap bagus. Kualitas suara juga cukup prima. Manhunt adalah game yang bagus, namun tidak untuk semua umur.

Perusahaan: Rockstar Games/ Rockstar North
Kontak:
www.rockstar.com
Kebutuhan Minimum:
Pentium III 1 GHz; RAM 192 MB; 32 MB 3D Accelerated VGA Card (GeForce 2); Harddisk 2,3 GB; DirectX 8.1 compatible Soundcard; Windows 98SE/Me/2000/XP.
Multiplayer:
Internet
Plus:
Grafik unik, gameplay unik, ada fitur eksekusi.
Minus:
Terlalu brutal dan sadis, tingkat kesulitan cukup tinggi, eksekusi repetitif
Kontrol
W, S,A, D:
Movement
Left Mouse Button:
Action 1
Right Mouse Button:
Action 2
Shift:
Run
Left Control:
Sneak
Tab:
Inventory
Enter:
Use
R:
Reload

0 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...