28 Januari 2009

SPACE SIEGE (Review)

0 komentar
Space Siege
ALKISAH jauh di masa depan, tepatnya di tahun 2202, Bumi diserbu oleh bangsa alien Kerak. Tujuan mereka adalah memusnahkan seluruh umat manusia di dunia. Sebuah kapal induk berhasil meloloskan diri dari kehancuran, namun toh tetap tak bisa lepas dari sergapan para mahluk Kerak. Sebagai Sergeant Seth Walker, Anda adalah seorang prajurit yang bertugas mengamankan kapal dari serbuan mereka. Namun, Anda dihadapkan pada pilihan sulit, tetap mempertahankan kemanusiaan Anda atau justru melepasnya demi menyelamatkan umat manusia dari kepunahan.

Space Siege dibuat oleh pengembang dan desainer yang sama dengan yang membuat game Dungeon Siege. Akan tetapi, jangan berharap bahwa game ini akan menyerupai Dungeon Siege. Meski dinyatakan sebagai game action RPG, porsi action justru jauh lebih banyak daripada elemen RPG-nya.

Pengembangan karakter lumayan minim. Game ini bahkan tidak menganut sistem experience. Poin hanya akan didapat begitu Anda menye-lesaikan misi. Poin ini kemudian bisa didistribusikan untuk memilih Skill/ Ability. Sayangnya, skill-tree yang tersedia tidak banyak, dan hanya terdiri dari dua cabang; combat dan engineer. Anehnya lagi, skill yang lebih advance dari kedua cabang menuntut anda mengimplant cybernetic organ, yang artinya akan mengurangi kadar kemanusiaan Anda. Alhasil bermain sebagai 100% manusia jadi kurang memungkinkan.

Implantasi cybernetic organ sebenarnya bukan ide orisinal milik Space Siege. Restricted Area lebih dulu memperkenalkannya. Hanya saja, Space Siege memang jauh lebih mumpuni, terutama dari sisi grafik. Kualitas grafik Space Siege memang harus diakui sangat solid, dan diimbuhi dengan detail yang luar biasa. Namun, game ini kembali alpa dengan tidak memberi item menarik layaknya game RPG. Item yang diperoleh hanyalah upgrade material yang bersifat generik dan lebih berfungsi sebagai uang/gold pada game sejenis. Benda ini yang kemudian bisa digunakan untuk mengupgrade senjata, armor, hingga HR-V. HR-V adalah robot kawan Anda. Anda bisa meng-upgrade senjata dan berbagai hal untuk membuatnya lebih dapat diandalkan.

Jika Anda berniat memiliki game ini, lupakan keasyikan mengatur inventory, equipment, maupun jual-beli item seperti game RPG sejenis. Usir kenyataan bahwa game ini dibuat oleh pengembang yang sama dengan Dungeon Siege. Space Siege adalah sebuah game yang sama sekali berbeda. Dengan pemahaman seperti itu, barulah Space Siege jadi lebih mengasyikkan untuk dimainkan.

0 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...