28 Januari 2013

Tips Mengecek Hardware Komputer "Sudah Cukupkah" untuk Memainkan Sebuah Game

36 komentar


Terkadang teman saya menanyakan kepada saya, "Apakah komputer saya dengan spek bla bla bla, bisa untuk bermain game PES 2013, ato Far Cry 3, ato Crysis3, dll?". Namun saya juga tidak terlalu hafal akan minimum system requirements semua game, apalagi game yang belum pernah saya coba mainkan.

Nah pada tutorial ini, saya akan berbagi tips, bagaimana kita mengetahui bahwa hardware komputer kita sudah cukup "tangguh" untuk memainkan suatu game tertentu. Bagi para gamer yang sudah banyak makan asam garam, mungkin hal ini tidak terlalu sulit, tinggal lihat spesifikasi komputer lalu membandingkan dengan minimum system dari game tertentu, selesai. Tapi bagi kita yang tidak mau ribet lihat spesifikasi komputer kita, ada sedikit tips berikut.

Untuk mengecek hardware kita secara online dan untuk mengetahui apakah komputer kita sudah mampu memainkan game yang kita kehendaki, caranya:
1. Buka http://www.systemrequirementslab.com lalu akan muncul tampilan seperti di bawah.


2. Masukkan game yang akan anda test dengan komputer anda pada "Search for a game". Contohnya saya akan mengecek komputer saya apakah dapat memainkan Far Cry 3 yang akan saya beli (baca:sewa) atau tidak.


3. Lalu akan muncul 3 pilihan, yaitu Automatic Detection : untuk mendeteksi secara otomatis spesifikasi hardware pada komputer anda (browser komputer wajib terdapat Java plugin), Manual Installation : untuk mendeteksi secara otomatis, namun anda diharuskan untuk mendownload sebuah program dahulu (cocok untuk browser komputer yang tidak memiliki Java plugin), dan yang terakhir View Requirements : untuk menampilkan system requirement game yang telah anda pilih tadi. Bagi saya yang paling praktis dan gampang memang yang Automatic Detection.


4. Setelah dipilih Automatic Detection, maka hardware anda akan dideteksi secara otomatis oleh server.


5. Terakhir, hasil dari tes akan muncul dengan menampilkan apakah komputer anda dapat menjalankan game seperti yang anda pilih.

Selesai, mudah bukan.
Selamat mencoba kawan-kawan gamer...
^_^

36 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...