11 Juli 2012

Percabangan Pada Delphi

4 komentar



Percabangan dalam Delphi merupakan suatu sintaks dalam bahasa Pascal yang mensyaratkan suatu kondisi tertentu supaya statement atau kode program tersebut dapat dijalankan. Terdapat 2 jenis percabangan yang harus kita ketahui.

A. IF THEN

If Then merupakan bentuk percabangan yang membandingkan dua variabel atau lebih, dan atau antara satu variabel dengan beberapa nilai tertentu yang sudah didefinisikan. Percabangan dalam bentuk If Then lebih dinamis untuk dipergunakan, operasi perbandingan kondisi yang digunakan lebih luas dengan penggunaan tipe data yang juga lebih bervariatif.


B. CASE OF

Case Of merupakan bentuk percabangan yang membandingkan suatu variabel dengan beberapa value atau nilai yang berasal dari variabel tersebut.


Antara percabangan yang berbentuk IF THEN dan CASE OF, dalam implementasinya memang tidak menimbulkan perbedaan yang signifikan dalam hal lamanya proses eksekusi (loading time) maupun hasilnya. Yang membedakan hanyalah sintaks dan lebih kompleksnya jenis percabangan yang bisa ditanganinya, yang dalam hal ini IF THEN dapat diimplementasikan secara bertingkat dengan menggunakan percabangan di dalam percabangan.


SINTAKS

Sintaks atau aturan penulisan kode program percabangan secara garis besar dapat ditunjukkan sebagai berikut:

IF THEN
Bentuk dasar percabangan IF THEN adalah sebagai berikut:


If <kondisi1> Then
   <statement1>
Else If <kondisi2> Then
   <statement2>
.......................
.......................
Else
<statement3>;


dari sintaks dasar di atas, terdapat istilah kondisi yang dipastikan ada pada setiap penggunaan kata If. Kondisi dalam hal ini merupakan perbandingan antar variabel atau perbandingan antara variabel dengan suatu value tertentu. Secara umum, di dalam setiap kondisi dikenal dua istilah, yaitu operand dan operator. Operand merupakan variabel atau nilai yang dibandingkan, sedangkan operator merupakan pembanding dari operand yang ada. Operator dalam sintaks If terdiri dari simbol =, <, >, <>, <=, dan >=. Selain itu juga terdapat operator tambahan, yaitu AND dan OR. Sebagai contoh, suatu kondisi dapat dilihat seperti tampak di bawah ini:

If (nilai_1>50) AND (nilai_1 <=100) then 

Dengan kondisi tersebut, program akan melakukan pengecekan apakah isi atau value dari variabel nilai_1 tersebut lebih besar dari 50 dan lebih kecil sama dengan 100. Beberapa kelebihan dari penggunaan sintaks If adalah bahwa kondisi yang bisa dibandingkan, tipe datanya lebih variatif, baik itu berupa angka, huruf, kata atau yang lain. Selain itu, sintaks if juga mengenal dan mengimplementasikan penggunaan if bertingkat, yaitu penggunaan if di dalam if, sehingga proses filtering dari suatu nilai dapat lebih mendalam sesuai kebutuhan.


CASE OF
Bentuk dasar dari percabangan Case Of adalah sebagai berikut:


Case <variabel> Of
value_1:<statement>;
value_2:<statement>;
value_3:begin
        <statement>;
        <statement>;
        end;
..................
..................
Else
     <statement>;
End; 


Dari sintaks di atas dapat kita lihat bahwa Case of hanya membandingkan suatu variabel dengan beberapa isi atau value tertentu. Kelebihan dari penggunaan Case Of terletak pada kemudahan dan minimnya penulisan kode yang diberikan. Adapun tipe data yang didukung oleh Case Of hanyalah data dengna tipe ordinal atau angka, sehingga proses pemilihan kondisinya tidak se-variatif If Then.

Untuk contoh program yang menggunakan percabangan If Then KLIK DISINI dan Case Of  KLIK DISINI.

4 komentar:

Poskan Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...