13 November 2011

Analisa mengenai Sistem Operasi, Program Aplikasi, dan Bahasa Pemrograman

2 komentar


SISTEM OPERASI

Mendefinisikan istilah “Sistem Operasi” mungkin merupakan hal yang mudah, namun terkadang juga merupakan hal rumit. Kita pasti pernah atau bahkan sering mendengar istilah “Sistem Operasi”. Mungkin pula pernah berhubungan secara langsung ataupun tidak langsung dengan istilah tersebut. Namun, belum tentu dapat menjabarkan perihal apa yang sebetulnya dimaksud dengan istilah “Sistem Operasi”. Sebaliknya, banyak pula yang pernah mendengar merek dagang “Windows” ataupun istilah “GNU/Linux”, lalu mengidentikkan nama Windows atau GNU/Linux dengan istilah “Sistem Operasi” tersebut.

Sistem Operasi dapat didefinisikan sebagai sebuah program yang mengatur perangkat keras computer, dengan menyediakan landasan untuk aplikasi yang berada di atasnya, serta bertindak sebagai penghubung antara para pengguna dengan perangkat keras. Sistem operasi bertugas untuk mengendalikan (control) serta mengkoordinasikan penggunaan perangkat keras untuk berbagai program aplikasi untuk bermacam-macam pengguna. 

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya akan dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software aplikasi. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, schedule-ing task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan “kernel” suatu Sistem Operasi.

Sistem Operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian :
  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.
  4. Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.
  5. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.
Sistem Operasi banyak jenisnya, mulai dari gadget yang kita bawa sehari-hari seperti telepon selular mempunyai sebuah system operasi di dalamnya. Contoh system operasi pada perangkat bergerak ini ialah Symbian, Android, dll. Dan pada dewasa ini, hampir semua orang mempunyai PC baik yang berupa desktop, notebook, dan netbook. Nah, berikut pembahasan Sistem Operasi secara singkat pada PC, baik untuk standalone ataupun pada server.

1. WINDOWS (MICROSOFT WINDOWS)
Microsoft Windows atau biasa kita sapa dengan sebutan Windows adalah Sistem Operasi yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation yang menggunakan antarmuka dengan berbasiskan GUI (Graphical User Interface) atau tampilan antarmuka bergrafis.
Contoh system operasi window antara lain Windows_1.0, Windows 2.0x, Windows_2.1x, Windows 3.0, Windows 3.1, Windows NT, Windows 95, Windows NT 4.0, Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (Seven) yang dirilis pada tahun 2009, dan Windows 8 yang akan dirilis pada 2012 (dalam perencanaan). Untuk detail sejarah Sistem Operasi Windows KLIK DISINI.

2. UNIX
UNIX adalah Sistem Operasi yang diciptakan oleh Ken Thompson dan Dennis Ritchie, dikembangkan oleh AT&T Bell Labs. UNIX didesain sebagai Sistem Operasi yang portabel, Multi-Tasking dan Multi-User. Sistem Operasi UNIX lebih menekankan diri pada Workstation dan Server, Karena faktor ketersediaan dan kompatibilitas yang tinggi menyebabkan UNIX dapat digunakan, disalin dan dimodifikasi sehingga UNIX pun dikembangkan oleh banyak pihak dan menyebabkan banyak sekali varian dari UNIX ini. Contoh dari system operasi UNIX ini ialah FreeBSD, OpenBSD, dan Solaris.

FreeBSD adalah Sistem Operasi bertipe UNIX bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T. FreeBSD berjalan di atas sistem intel x86. FreeBSD sendiri kali pertama muncul pada tahun 1993 oleh David Greenman. Tujuan dari FreeBSD adalah menyediakan software yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan. FreeBSD sendiri dikembangkan dari 386BSD sebuah proyek pengembangan BSD OS yang berjalan di atas Chip Intel.

Solaris adalah sebuah Sistem Operasi yang berdasarkan UNIX system yang diperkenankan oleh Sun Microsystems oada tahun 1992 sebagai pendukung SunOS. Solaris terkenal karena kestabilannya, khususnya pada sistem SPARC (Scalable Processor Architecture), Solaris disertifikasi dalam Spesifikasi UNIX walaupun pada awal pengembangannya berdasarkan kepemilikan pribadi, dan kebanyakan kode dasarnya sekarang ini merupakan Software OpenSource yang biasa dikenal dengan OpenSolaris. OpenSolaris adalah OpenSource versi Sistem Operasi Sun Solaris, tetapi Sun Solaris terdiri dari lebih beberapa kode yang tidak hanya inti dari Sistem Operasi misalnya : Source untuk Installer, Desktop, Software.

3. LINUX
Awalnya dikembangkan oleh Linus Torvalds yang pada mulanya sekedar emulasi terminal yang dibutuhkan untuk mengakses server UNIX di Universitasnya. Linux merupakan kloningan dari MINIX (Salah satu varian UNIX), peralatan sistem dan pustakanya umumnya berasal dari Sistem Operasi GNU. Linux memiliki banyak disain yang berasal dari disain dasar UNIX, Linux menggunakan Kernel Monilitik yaitu Kernel Linux yang menangani kontrol prosses, jaringan, periferal, dan pengaksesan sistem berkas. Sama seperti UNIX, Linuxpun dapat dikendalikan oleh satu atau lebih antarmuka baris perintah (Command Line Interface/CLI) berbasis teks, antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI) yang merupakan konfigurasi bawaan untuk versi desktop.

Perbedaan utama antara Linux dan Sistem Operasi Populer lainnya terletak pada Kernel Linux dan komponen-komponennya yang bebas dan terbuka. Sama seperti pada UNIX, Linux berkonsentrasi pada Workstation dan Server banyak Workstation dan Server yang mengandalkan Linux karena Linux sangat stabil digunakan untuk jangka waktu lama dan Linuxpun kebal terhadap Malware.

Ada beberapa macam Distro Linux, seperti : Debian, Lycoris, Xandros, Lindows, Linare, Linux-Mandrake, Red Hat Linux, Slackware, Knoppix, Fedora, Suse, Ubuntu.

4. IBM OS/2
Sistem Operasi IBM OS/2 ini dibuat secara bersama-sama oleh International Bussiness Machine Corporation dan Microsoft Corporation, untuk digunakan pada komputer IBM sebagai pengganti Sistem Operasi DOS. Kata OS/2 adalah singkatan dari Operating System/2, Sistem Operasi ini didesain agar dapat menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80286 , termasuk diantaranya adalah Modus terproteksi (Protected Mode), mampu menjalankan tugas secara Simultan, serta mendukung Memori Virtual, dengan tetap mempertahankan kompatibilitas dengan banyak perangkat lunak MS-DOS yang beredar saat itu.

5. MAC OS (MACINTOSH OPERATING SYSTEM)
MAC OS atau Macintosh Operating System adalah Sistem Operasi yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan komputer berbasis IBM. MAC OS merupakan Sistem Operasi pertama yang menggunakan antarmuka pengguna grafis (Graphical User Interface/GUI)






SOFTWARE APLIKASI
Sebelum kita membahas software aplikasi, ada baiknya kita definisikan dahulu, apa itu software. Software ialah kumpulan instruksi yang berfungsi untuk menjalankan suatu perintah, seperti memberikan informasi tentang hardware, menentukan fungsi hardware, dan menjalankan sistem.

Berdasarkan jenisnya, software dibagi menjadi 3 yaitu :
• Firmware (BIOS)
• Sistem Operasi (Windows, Linux, Mac OS, dll)
• Software Aplikasi (CorelDraw, Ms. Office, WinZip, dll)

Nah sekarang, apakah Software aplikasi itu?
Software aplikasi ialah suatu program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen, memanipulasi foto, membuat laporan keuangan, atau merancang suatu desain.
Software aplikasi memiliki beberapa macam, yaitu:
1. software aplikasi hiburan
2. software aplikasi pendidikan
3. software aplikasi bisnis
4. software aplikasi khusus, dan
5. software aplikasi produktivitas kerja.


BAHASA PEMROGRAMAN

Bahasa pemrograman adalah teknik komunikasi standar untuk mengekspresikan instruksi kepada komputer. Layaknya bahasa manusia, setiap bahasa memiliki tata tulis dan aturan tertentu. Bahasa pemrograman memfasilitasi seorang programmer untuk secara spesifik apa yang akan dilakukan oleh komputer selanjutnya, bagaimana data tersebut disimpan dan dikirim, dan apa yang akan dilakukan apabila terjadi kondisi yang variatif. Bahasa pemrograman dapat diklasifikasikan menjadi tingkat rendah, menengah, dan tingkat tinggi. Pergeseran tingkat dari rendah menuju tinggi menunjukkan kedekatan terhadap ”bahasa manusia”

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi
Merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri-ciri mudah dimengerti karena kedekatannya terhadap bahasa sehari – hari. Sebuah pernyataan program diterjemahkan kepada sebuah atau beberapa mesin dengan menggunakan compiler.Sebagai contoh adalah : JAVA, C++, .NET

2. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah
Bahasa pemrograman generasi pertama. Bahasa jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Disebut juga dengan bahasa assembly merupakan bahasa dengan pemetaan satu persatu terhadap instruksi komputer. Setiap intruksi assembly diterjemahkan dengan menggunakan assembler.

3. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah
Dimana penggunaan instruksi telah mendekati bahasa sehari – hari, walaupun masih cukup sulit untuk dimengerti karena menggunakan singkatan – singkatan seperti STO yang berarti simpan (STORE) dan MOV yang artinya pindah (MOVE). Yang tergolong dalam bahasa ini adalah Fortran.

Dalam pemrograman diperlukan sebuah software, yaitu software pemrograman. Software pemrograman ialah suatu software yang dibuat untuk dapat mengenali bahasa pemrograman tertentu, dan dapat digunakan untuk compile seluruh syntax yang telah ditulis sehingga menjadi program yang utuh dan siap digunakan. Sehingga dapat pula kita sebut software pemrograman ini merupakan sebuah software yang dapat menghasilkan software lain.
Contoh software pemrograman ini ialah, Microsoft C/C++, Visual C++, Visual Basic milik Microsoft Corporation dan Turbo Pascal, Turbo C++, Borland C++ milik Borland International dan juga masih banyak lagi software pemrograman lainnya.


KESIMPULAN

Abstraksi Komponen Sistem Komputer
Sebuah system computer dapat dibagi ke dalam beberapa komponen utama, seperti “para pengguna”, “perangkat keras”, serta “perangkat lunak”. “Para pengguna” (users) ini merupakan pihak yang memanfaatkan system computer tersebut. Para pengguna disini bukan saja manusia, namun mungkin berbentuk program aplikasi lain, ataupun perangkat computer lain. “Perangkat keras” (hardware) ini berbentuk benda konkret yang dapat dilihat dan disentuh. Perangkat keras ini merupakan inti dari sebuah system, serta penyedia sumber-daya (resource) untuk keperluan komputasi. Diantara “para pengguna” dan “perangkat keras” terdapat sebuah lapisan abstrak yang disebut dengan “perangkat lunak” (software). Secara keseluruhan perangkat lunak membantu para pengguna untuk memanfaatkan sumber-daya komputasi yang disediakan perangkat keras.

Perangkat lunak secara garis besar dibagi lagi menjadi dua yaitu “program/software aplikasi” dan “Sistem Operasi”. “Program aplikasi” merupakan perangkat lunak yang dijalankan oleh para pengguna untuk mencapai tujuan tertentu. “Sistem Operasi” dapat dikatakan merupakan sebuah perangkat lunak yang “membungkus” perangkat keras agar lebih mudah dimanfaatkan oleh para pengguna melalui program-program aplikasi tersebut.

Untuk software pemrograman, secara hierarchy pada komponen system computer setara dengan software aplikasi, hanya perbedaannya software aplikasi digunakan untuk tujuan tertentu dan untuk suatu pekerjaan tertentu, namun software pemrograman merupakan suatu software yang dapat menghasilkan software baru yang lain.

Dengan demikian, sebuah Sistem Operasi bukan merupakan bagian dari perangkat keras computer, dan juga bukan merupakan bagian dari perangkat lunak aplikasi computer, apalagi tentunya bukan merupakan bagian dari para pengguna computer.

sumber:
http://wikipedia.org
http://wartawarga.gunadarma.ac.id
http://rnunugraha.blogspot.com/2010/07/macam-macam-sistem-operasi-komputer-dan.html
http://www.membuatblog.web.id/2010/08/pengertian-bahasa-pemrograman.html
E-Book Pengantar Sistem Operasi karangan Masyarakat Gotong Royong

2 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...