5 Oktober 2010

Tips Mengubah Flashdrive Menjadi RAM

3 komentar
Seringkali kita jengkel sama komputer kita yang kian hari malah kian terasa lambat. Padahal dulunya mungkin rasanya cepat banget, namun sekarang justru lambat banget. Mungkin ada banyak faktor yang mempengaruhinya seperti program yang terlalu banyak, harddisk yang tersisa sedikit, atau prosesor yang perlu “update”. Namun sebenarnya faktor yang cukup penting dari kecepatan komputer ialah pada besar kecilnya RAM. Tetapi, harga RAM di pasaran sudah cukup tinggi. Bagaimanakah solusinya supaya komputer kita tetap mendapat tambahan RAM, namun tidak menguras kantong? Gampang. Jika kita memiliki flashdisk/flashdrive yang mungkin tidak terpakai, dapat kita manfaatkan kembali dan kita ubah menjadi RAM. Wah kog bisa? Sebentar, maksud dari mengubah tersebut bukan merubah susunan dan bentuknya sehingga bisa kita masukkan ke dalam slot RAM pada CPU kita, melainkan kita hanya mengubah fungsinya saja sehingga menyerupai RAM. Dalam tutorial kali ini saya memanfaatkan aplikasi yang bernama eBoostr.

Program eBoostr ini sebenarnya tidak gratis atau dapat kitak katakan berbayar, namun sudah banyak juga cracknya atau patchnya yang bisa digunakan untuk menghilangkan batasan dalam free trial.

Konsep dasar eBoostr ini adalah membuat cache ke dalam flash drive yang tentunya kecepatan akses data untuk read/write lebih cepat dibanding dengan proses melalui hard disk.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan hasil maksimal :
  1. Flash Disk dengan kecepatan Read/Write minimal 20 MB/s, lebih cepat lebih baik tidak perlu space yang terlalu besar juga minimal 512-1GB saja sudah cukup. Atau jika kesulitan menemukan flash drive yang kecepatan read/writenya bagus dapat cari flash dengan logo “ReadyBoost”.
  2. Port USB 2.0
  3. eBoostr program. Jika anda belum punya, dapat download DI SINI.
Cara instalasinya cukup mudah. Untuk step-by-step nya instalasi dan patch nya sebagai berikut :
  1. Download dan exctrac file eBoostr.2.02.Build.424
  2. Jalankan dan install eboostr.exe
  3. Setelah instalasi selesai.... jangan jalankan eboostr, kalau eboostr sudah jalan secara otomatis... tutup eboostr dengan cara klik kiri eboostr yg berada di system tray (kanan bawak dekstop) lalu pilih exit
  4. Setelah ditutup, jalankan patch.exe
  5. Saat patch.exe di buka, pilih patch dan cari di mana program eboostr di install.
  6. Setelah “done”, eboostr akan menjadi full
  7. Untuk membuat flashdisk menjadi memory RAM tancapkan flashdisk ke komputer
  8. Lalu jalankan eboostr dan pilih add
  9. Pilih flashdisk yang akan di jadikan memory RAM
  10. Tentukan ukuran cache, sebaiknya jangan di ubah (buat sesuai default) karena eboostr akan menentukan jumlah cache yg akan dijadikan RAM.
  11. Setelah itu pilih "ok" dan tunggu beberapa saat. Proses akan berlangsung cukup lama tergantung berapa besar cache yg digunakan.
  12. Setelah selesai akan ada pertanyaan, lalu pilih ok.
  13. Setelah proses selesai komputer anda akan menjadi lebih cepat.
Berdasarkan hasil percobaan saya, eBoostr ini sangat membantu untuk notebook saya yang hanya mempunyai RAM 1 GB. Saya mencobanya untuk memainkan game Call of Duty : Modern Warfare 2, dan cukup lancar dengan flash disk yang saya gunakan dalam eBoostr sebesar 1GB. Sebelum menggunakan eBoostr ini, untuk membuka gamenya saja mungkin sudah sangat lambat, apalagi untuk memainkannya. Namun bagi PC/Notebook yang mempunyai RAM 1GB ke atas, anda tidak akan merasakan terlalu banyak penambahan kecepatan setelah menggunakan eBoostr ini.

So, sebelum kita mengeluarkan isi dompet kita terlalu dalam untuk membeli RAM yang baru, ada baiknya untuk mencoba program eBoostr ini dahulu. (D_V)

3 komentar:

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...