7 November 2010

Cara Setting LinkSys Access Point

1 komentar

LinkSys WAP54G Wireless-G Access Point merupakan perangkat wireless yang bisa digunakan sebagai Access  Point (AP). Untuk men-setting wirelless broadband router ini kita hanya perlu masuk ke sistem dengan menggunakan web Browser seperti Mozilla Firefox, Opera, ataupun Google Chrome. Oke, langsung saja berikut merupakan step-by-step nya. Oya, untuk setting Access point lainnya langkahnya juga hampir sama, jadi silahkan coba aja tips di bawah ini.

Step 1

Kita harus me-reset dahulu akses point dengan cara memencet tombol "reset"di bagian belakang akses point selama 10 detik dapat dengan paper clip (atau benda lain yang dapat menjangkau tombol reset),  supaya kita yakin settingannya kembali ke default (setting dari pabrik).

Step 2

Selanjutnya setting IP laptop/PC anda dengan range yang sama dengan IP Default bawaan si LinkSys. Untuk IP Default LinkSys WAP54G sendiri yaitu 192.168.1.245 atau kalau tidak bisa 192.168.1.1 ( soalnya biasanya ada 2 versi IP). Untuk LinkSys yang saya setting ini, default IP nya menggunakan 192.168.1.245, sehingga setting IP yang satu kelas IP bawaan LinkSys tersebut. Sebagai contoh, IP yang saya gunakan seperti screenshot di atas. Kalau sudah sambungkan kabel UTP dari Laptop/PC ini ke akses point secara langsung.

Step 3

Kemudian kita browsing memakai Firefox, Internet Explore atau yang lainnya..
Lalu Ping ke alamat IP defaulnya contoh : 192.168.1.1 atau 192.168.1.245

Step 4


masukkan IP default akses point tersebut (192.168.1.1 atau 192.168.1.245) ke address browser.
maka akan muncul login : kemudian isikan seperti di bawah ini
username : (dikosongkan)
password : admin
Klik OK dan anda akan menemukan halaman setting berbasis web dari akses point sub menu Linksys.

Step 5



Dalam Sub Menu adalah mensetting IP address Linksys dan teman-temannya, anda bisa lihat sendiri detailnya dan sesuaikan settingan dengan setting yang kita kehendaki. Sebaiknya untuk mengganti IP Address dilakukan di akhir konfigurasi, untuk awal instalasi kita masuk ke Menu Wireless.


Dalam Menu Wireless kita hanya menentukan mode wireless dan SSID, dalam Wireless biasa nya kita mengenal SSID dan Wireless Mode, SSID adalah nama Wireless network yang biasa dikenal oleh orang awam "Nama Hostpotnya". Dan Wireless Mode adalah type gelombang yang digunakan, bila sudah selesai klik Save Setting.

Pada intinya bila kita akan men-setting semua Access Point hal yang terpenting adalah men-setting SSID, Cannel, dan wireless mode, itu sudah bisa di bilang Sebuah Access Point (Hostpot).

Note : Jika anda berencana menghubungkan akses poin ini di jaringan anda yang mempunyai segmen yang berbeda (misalnya selain 192.168.1.*) ubah IP statisnya ke segmen yang sesuai, atau bisa juga pilih DHCP kalau anda tidak ingin memberikan IP Statis. Cuman yang terakhir mungkin anda akan kesulitan untuk menemukan IP accesspoint ini nantinya.
Pada web based control panel dari accesspoint ini anda bisa mengatur berbagai settingan yang disediakan oleh WAP54G, misalnya Mode, authentikasinya maupun mengganti password default. Setelah selesai menentukan IP dari WAP54G ini cabut kabel UTP dari Laptop/PC, trus sambungan ke  server jaringan anda.
Seharusnya anda sudah bisa untuk mengakses web-based control panel access pont ini dari lewat wireless anda.

Selamat mencoba. D-V

1 komentar:

  • 12 Oktober 2018 18.34

    SMSQQ REAL GAMES AND REAL MONEY
    Telah Hadir Situs Judi Kartu Online Eksklusif dan Berkelas
    Situs online Card gambling terpercaya di Indonesia dengan Rupiah ASLI
    hanya di : bit.ly/2lCay9P

    Buruan daftarkan diri anda sekarang juga dan raih berbagai promo menarik lainnya yang menanti anda.

    Don't forget main game poker online dan BANDAR POKER

    Untuk informasi lebih lengkap silahkan Hubungi :

    BBM : 2AD05265
    WA : +855968010699
    Facebook : smsqqkontenviralterkini

Posting Komentar

Like and Follow This Blog

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...